Monday 18 January 2010

BLT Won VLGC Contract worth up to USD90mil

Demikian diungkapkan Direktur BLTA Kevin Wong kepada BEI, tadi malam. "Periode kerjasama ini hingga 7 tahun dan kontrak ini merupakan kontrak pertama yang diberikan kepada perusahaan Indonesia," kata Kevin Wong.
Menurut Kevin, untuk memenuhi kontrak tersebut, Berlian Laju Tanker untuk membeli Commander N, sebuah kapal VLGC dengan total kapasitas sebesar 78,543 CBM yang dibandingkan oleh NKK Corporation, Jepang. Dengan diterima kapal itu, BLT akan mengganti bendera kapal tersbeut dengan kapal berbendera Indonesia dan meregistrasikannya di Indonesia sesuai dengan komitmen BLTA atas UU Pelayaran Indonesia No 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.
Kapal itu juga secara spesifik dipilih Peraturan Indoensia yaitu Permendag Nomor 63/M-DAG/PER/12/2009 yang menghruskan umur kapal yang dikonversikan menjadi berbendera Indonesia dan terdaftar di Indonesia tidak boleh melebihi batas usia 20 tahun untuk memastikan kualitas dan standar yang tinggi atas kapal tersebut.
"Hal ini sangat penting untuk mengingat kebanyakan kapal yang digunakan di Perairan Indonesia berusia lebih dari 20 tahun," katanya.
Dengan rencana konversi bendera atas kapal Commander N ini, industri perkapalan Indonesia telah mengambil langkah besar guna mendukung komitmen strategis pemerintah dalam upaya untuk menggunakan sumber daya gas di seluruh pengganti minyak bumi.
"Kapal ini juga akan menandai era baru dalam perkembangan industri perkapalan Indonesia dimana kapal tersebut akan menjadi kapal VLGC pertama yang berbendera Indonesia dan merupakan kapal tanker gas terbesar diantara semua kapal tanker yang terdaftar di Indonesia," pungkasnya.
Kapal ini akan menjadi tambahan penting bagi perseroan yang kini memiliki kekuatan asrmada yang terdiri dari 104 kapal termasuk kapal-kapal yang masih dalam tahap pembangunan. [san/cms]

Source: Inilah.com

No comments:

Post a Comment